Rabu, 22 Oktober 2014

Tips Mengatasi Kejenuhan

Seringkali seseorang jenuh dengan apa yang mereka lakukan sehari-hari. Dunia sekolah, kampus, kerja, apalagi kalau nganggur pasti lebih jenuh lagi dengan aktifitas yang monoton. Waah kalau sudah begini dunia terasa hambar. Bosan dengan ini, bosan dengan itu pokoknya segala sesuatu terasa booring aaja. Kalau sudah begini hidup terasa percuma dan tidak berselera.
Warna-warni dunia tidak akan nampak. Kehidupan sekolah yang kerjanya belajaaaar terus membut kita jenuh, dunia kampus yang kebanyakan aktivitasnya kerja tugas teruuuss membuat pusing sampai-sampai stresss. Apalagi dunia kerja yang tekanannya segudang pasti menimbulkan berbagai macam rasa yang berkecamuk. Lebih parah lagi jika sudah 3 bulan melamar kerja tapi tidak ada panggilan kerja. Ingin marah, nangis, teriak pokoknya pusing.... hahaha. Namun tenaang! Ada banyak cara untuk mengatasinya. Hidup dibawa enjoy aja jangan dibawa pusing, hidup ini susah jadi jangan di bikin susah.
 
Berikut tips versi saya mengatasi kejenuhan :
1. Jangan menutup diri karena kejenuhan dan kebosanan sering dipicu oleh kegiatan rutin yang monoton. Hampir tidak ada kegiatan yang tidak membosankan, kecuali kita melakukan dengan porsi yang dapat kita tanggung. Bila Anda bosan atau jenuh dengan pekerjaan, Anda perlu menyelidiki penyebabnya. Mungkin Anda perlu sedikit kelonggaran, gunakan waktu bersama keluarga atau teman. Atau lakukan apa yang membuat Anda senang.
2. Perbanyak teman anda, teman yang banyak dapat mengatasi kejenuhan. Apalagi bila anda mempunyai teman yang bisa menghibur anda. Seringlah berkumpul dengan mereka untuk mengatasi kejenuhan anda.
3. Datanglah ke tempat – tempat yang menyenangkan (ke pantai, bioskop, Mal dll) bersama orang yang anda sayangi, namun apabila belum mempunyai orang tersebut temukanlah dia untuk mengatasi kejenuhan anda, hahaha, niscaya kejenuhan itu akan hilang.
4. Jatuh cintalah, jatuh cinta akan menghilangkan kejenuhan anda namun hati-hati karena bila anda cuma jatuh cinta namun tak bisa bersama maka kejenuhan akan beralih ke kegalauan. Hehe..

5. Apabila anda adalah karyawan di sebuah perusahaan swasta, ambillah cuti tahunan anda dan gunakan waktu luang ( cuti ) tersebut untuk mengistirahatkan pikiran anda dari pekerjaan yang menjenuhkan anda.
6. Naah jaman sekarang internet sangat membantu mengatasi kejenuhan, banyak game – game menarik yang bisa anda download di internet.
7. Bila anda mempunyai uang yang cukup untuk membeli gadget seperti blackberry, maka hal tersebut akan membantu anda untuk terhubung ke teman lama maupun teman baru anda. Yah hitung - hitung buat chat2an.
8. Nonton film di laptop anda juga lumayan mengatasi kejenuhan, kalau mau yang bagus seh nonton drama korea aja supaya dapat mengatasi kejenuhan lebih lama
9. Membaca merupakan kebiasaan yang baik. Masih ingat kan dengan ungkapan "buku adalah jendela dunia?" Dan diera digital Sekarang, bahkan semakin murah dan mudah, karena Kita dapat memperoleh ragam informasi dari belantara internet. Lalu, bagaimana jika Anda orang yang agak apatis membaca? Ah, sepertinya itu bisa diatasi. Anda hanya perlu mengingat minat Anda, lalu cari informasi tentang bidang apa yang Anda minati. Membaca menjadi satu-satunya cara memperluas wilayah privasi Anda yang tidak dapat diinvasi oleh siapa pun.
10. Pikul tanggung jawab Anda
Hidup tidak selalu melakukan hal yang tepat, kita pernah melakukan kesalahan. Bila Anda berkecil hati karena merasa gagal - jangan menyerah, lakukan lebih baik! Jika Anda merasa kecil hati karena kurang dihargai atas upaya Anda, ingatlah bahwa ada hari esok. Anda punya pilihan meneruskan atau mencoba yang lain.
 
 

SDM dan Organisasi

1.SDM dan Organisasi
SDM atau sumber daya manusia adalah proses penanganan masalah pada perusahaan yang memiliki ruang lingkup mulai dari karyawan sampai manajer dan tenaga kerja lainnya yang ada dalam suatu perusahaan,biasanya terdapat pada department sumber daya manusia. Hal tersebut untuk menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan yang bertujuan tuntuk mencapai target suatu perusahaan tersebut.
Fungsi dari SDM antara lain sebagai berikut :
a)    Rekrutment tenaga kerja
Merupakan suatu proses pencarian calon tenaga kerja atau karyawan pada suatu perusahaan, dalam tahap ini diperlukan jobdesk dan job specification.
b)   Seleksi tenaga kerja
Pada tahap ini, divisi SDM melakukan seleksi terhadap kandidat yang telah dipilih pada tahap recruitment yang antara lain para calon tenaga kerja akan mengikuti beberapa test standar perusahaan untuk dapat diterima di perusahaan tersebut.
c)    Pengembangan dan evaluasi karyawan
Tenaga kerja harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugasnya. maka diperlukan pembekalan agar tenaga kerja dapat lebih menguasai bidangnya masing-masing serta meningkatkan kinerja yang ada.
d)   Memberikan kompensasi dan proteksi
Kompensasi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada dapat menyebabkan masalah ketenaga kerjaan di kemudian hari atau pun dapat menimbulkan kerugian pada  perusahaan. Proteksi perlu diberikan kepada pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tenang sehingga kinerja perkerja tersebut dapat tetap maksimal.
2. Struktur organisasi
Struktur Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian baik secara posisi maupun tugas yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai suatu tujuan. Ada beberapa macam struktur organisasi, diantaranya adalah :
-Struktur organisasi fungsional
Struktur Organisasi Fungsional adalah organisasi yang susunannya berdasarkan atas fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi tersebut.Pada organisasi ini pemimpin berhak memerintahkan semua para karyawan nya, selama masih dalam hubungan pekerjaan. Sehingga seorang pekerja dapat saja diperintah oleh lebih dari satu pimpinan sesuai dengan keahiannya.

Ciri-ciri struktur organisasi fungsional adalah :
ü  Organisasi kecil
ü  terdapat kelompok-kelompok kerja staff ahli
ü  Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
ü  Target yang hendak dicapai jelas dan pasti
ü  Pengawasan dilakukan secara ketat 
           
Kelebihan struktur organisasi fungsional :
ü  Efisiensi melalui spesialisasi
ü  Komunikasi dan jaringan keputusannya relatif sederhana
ü  Mempertahankan tingkat pengendalian strategi pada level manajemen puncak
ü  Dapat mendelegasi keputusan operasional sehari-hari
ü  Mempermudah pengukuran output dan hasil dari setiap fungsi
Kekurangan struktur organisasi fungsional :
ü  Menyebabkan spesialisasi yang sempit
ü  Dapat mendorong timbulnya persaingan dan konflik antar fungsi
ü  Mengakibatkan sulitnya koordinasi di antara bidang-bidang fungsional
ü  Dapat menyebabkan tingginya biaya koordinasi antar fungsi
ü  Identifikasi karyawan dengan kelompok spesialis dapat membuat perubahan menjadi sulit
ü  Membatasi pengembangan keterampilan manajer yang lebih luas
-Struktur organisasi divisional
Struktur organisasi divisional  adalah jenis struktur yang berdasarkan divisi yang berbeda dalam suatu organisasi.  Struktur organisasi divisional dibagi kedalam :
ü  Struktur produk
struktur sebuah produk berdasarkan pada pengelolaan karyawan dan kerja yang berdasarkan jenis produk yang berbeda. Jika perusahaan memproduksi tiga jenis produk yang berbeda, mereka akan memiliki tiga divisi yang berbeda untuk produk tersebut .
ü  Struktur pasar
struktur pasar digunakan untuk mengelompokkan karyawan berdasarkan pasar tertentu yang dituju oleh perusahaan. Sebuah perusahaan bisa memiliki 3 pangsa pasar yang digunakan dan berdasarkan struktur ini, maka akan membedakan divisi dalam struktur.
ü  Struktur geografis
organisasi besar memiliki kantor di tempat yang berbeda, misalnya ada zona utara, zona selatan, barat, dan timur. Struktur organisasi mengikuti struktur zona wilayah.
Kelebihan struktur organisasi divisional :
ü  Koordinasi antarfungsi menjadi lebih mudah dan cepat
ü  Mempunyai fleksibilitas pada struktur perusahaan
ü  Spesialisasi pada setiap divisi dapat dipertahankan
ü  Kesempatan karir lebih terbuka
ü  Menimbulkan kompetisi di dalam organisasi
ü  Beban rutin CEO berkurang sehingga mempunyai waktu untuk keputusan strategis
Kekurangan struktur organisasi divisional :
ü  Menambah biaya karena adanya duplikasi karyawan, operasi, dan investasi
ü  Kompetisi disfungsional antardivisi bisa mengurangi kinerja perusahaan secara keseluruhan
ü  Kesulitan dalam mempertahankan citra perusahaan
ü  Terlalu menekankan pada kinerja jangka pendek
-Struktur organisasi matriks.
Struktur organisasi matriks digunakan untuk memudahkan pengembangan pelaksanaan beragam program atau proyek. Setiap departemen dikepalai oleh vice precident yang mempunyai tanggungjawab fungsional bagi seluruh proyek. Sedangkan setiap manajer proyek mempunyai project responsibility untuk penyelesaian dan implementasi strategi.
Kelebihan struktur organisai matriks :
ü  Sesuai untuk beban kerja yang fluktuatif
ü  Tujuan proyek menjadi lebih jelas
ü  Memungkinkan untuk merespon pada beberapa sektor lingkungan secara serentak
Kekurangan struktur organisasi matriks :
ü  Strukturnya sangat rumit
ü  Biaya relatif tinggi
ü  Memungkinkan timbulnya dualisme kepemimpinan
ü  Relatif sulit karena terdapat kepentingan ganda sehingga memerlukan koordinasi kuat
3.Deskripsi dan spesifikasi tugas :
Dalam sistem informasi suatu perusahan, sistem informasi sumber daya manusia dan desain deskripsi dan spesifikasi tugas atau pekerjaan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh divisi SDM yang professional, sebagai basis dasar untuk menerapkan analisis pekerjaan yang menyediakan pelayanan yang lebih bagus dalam pelaksanaan tugas-tugas manajer atau pimpinan.
Deskripsi pekerjaan adalah hasil analisis pekerjaan sebagai rangkaian kegiatan atau proses menghimpun dan mengola informasi mengenai pekerjaan.
Selain itu, deskripsi pekerjaan merupakan salah satu hasil utama yang disajikan oleh suatu analisis pekerjaan yang sistematis. Atau dapat pula dikatakan bahwa deskripsi pekerjaan adalah suatu uraian tertulis dari apa yang diperlukan oleh suatu pekerjaan. Deskripsi pekerjaan dapat diasumsikan sebagai keseluruhan kajian ringkas informasi pekerjaan dan syarat-syarat pelaksanaannya sebagai hasil dari analisis, yang biasanya tugas pokok dari uraian tersebut.
Deskripsi pekerjaan tidak membahas masalah orang atau pekerjaan, tetapi masalah ruang ringkup kegiatan, fungsi dasar atau tuagas pokok, nama pekerjaan, wewenang dan kewajiban, tanggung jawab, kriteria penilaian dan hasilnya.
Manfaat deskripsi pekerjaan untuk menentukan :
ü  Ringkasan pekerjaan dan tugas-tugas (job summary and duties)
ü  Situasi dan kondisi kerja (working conditions)
ü  Persetujuan (appovals)
ü  Ringkasan pekerjaan dan tugas-tugas (job summary duties) situasi dan kondisi kerja ( working condision) persetujuan (attrovals)
kebutuhan terhadap deskripsi pekerjaan semakin meningkat. Pekerjaan ini meliputi :
ü  Restrukturisasi organisasi dalam jumlah besar (misal penciutan;
ü  Kebutuhan untuk menerapkan cara-cara kreatif dan baru untuk memotivasi dan memberi penghargaan karyawan;
ü  Tingkat kecpatan perkembangan teknologi yang mengubah lingkungan pekerjaan;
ü  Peraturan ketenaga kerjaan yang lebih ketat
Panduan yang dapat digunakan dalam memasukkan karektaristik-karektaristik yang harus dimasukkan pada suatu spesifikasi pekerjaan :
ü  Semua tugas pekerjaan harus dikenali dan dinilai dalam kaitannya dengan arti penting teknik analisis pekerjaan.
ü  Suatu panel tenaga ahli, karyawan atau para penyelia perlu menetapkan tingkat keterampilan yang diperlukan.
ü  Tingkat keterampilan masing-masing harus dinilai.
ü   Karekteristik lain yang perlu dilakukan pekerjaan itu harus dikenali.
Dengan demikian, harus memperhitungkan aspek-aspek yang berhubungan dengan sumber daya manusia yang sebetulnya tidak terkait langsung dengan deskripsi pekerjaan.
 Disamping itu, tidak ada bentuk standar untuk suatu deskripsi pekerjaan, kebanyakan uraian mengemukakan tentang pentingnya informasi :
     i.        Nama pekerjaan
Nama pekerjaan dan informasi identifikassi lain seperti upah dan spesifikasi keunutungan
    ii.        Ringkasan
Ringkasan satu atau dua pernyataan kalimat yang menggambarkan penggunaan pekerjaan dan output yang diharapkan dari karyawan yang melaksanakan;
   iii.        Peralatan
Pernyataan singkat mengenai perkakas, peralatan, dan informasi yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan itu secara efektif;
   iv.        Lingkungan
Deskripsi kondisi lingkungan kerja, lokasi kerja,dan karakteristik lingkungan lain yang seperti tingkat bahaya dan kebisingan;
    v.        Aktifitas
Termasuk uraian tugas pekerjaan, tanggung jawab, dan tampilan prilaku dalam pekerjaan. Juga menguraikan interaksi sosial yang berhubungan dengan pekerjaan (sebagai contoh, ukuran kelompok kerja, tingkat kebebasan dalam melaksanakan pekerjaan).
4.penggajian
Sistem pengajian adalah mengembangkan sekumpulan prosedur yang memungkin perusahaan untuk menarik, menahan dan memotivasi staf yang diperlukan, serta untuk mengendalikan biaya pembayaran gaji. Beberapa contoh system penggajian adalah sebagi berikut :
ü  Sistem Gaji Tetap
Pegawai mendapatkan gaji yang relatif. Walau lembur atau absenpun gajinya tetap dan tidak akan berubah-ubah.
ü  Sistem Gaji Tetap Bervariasi
Beda seperti system gaji tetap, jika lembur atau ada tambahan lainnya semisal prestasi maka akan dapat tambahan gaji.
ü  Sistem Gaji Variabel
Sistem ini pegawai akan mendapat gaji proporsional dengan prestasi. Satuan prestasi bisa dalam bentuk jam kerja atau unit produksi dan sebagainya.

Salah satu hal penting dalam pengembangan sumber daya manusia, khususnya pemberdayaan, adalah penempatan pengembangan SDM dalam strategi korporat. Pemberdayaan akan terbentur seandainya berada di luar agenda strategi perusahaan.
Salah satu hal penting dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM), khususnya pemberdayaan, adalah penempatan pengembangan SDM dalam strategi korporat. pemberdayaan (empowerment) akan terbentur seandainya berada di luar agenda strategi perusahaan.